Pusat Pengembangan Bioteknologi
Universitas Muhammadiyah Malang
Pusat Pengembangan Bioteknologi
Universitas Muhammadiyah Malang

Kunjungan Staf Pengajar Sekolah Tinggi Teknik Pertaniaan (STTP) Magelang

Author : Administrator | Rabu, 28 Maret 2012 12:51 WIB

Rabu, 28 maret 2012, pukul  09.30 Pusat Pengembangan Bioteknologi Universitas Muhammadiyah Malang mendapat kunjungan dari staf pengajar Sekolah Tinggi Teknik Pertanian (Magelang). Adapun agenda utama dari kunjungan itu adalah untuk melakukan studi banding terhadap kegiatan pengembangan teknologi bidang  pertanian di UMM.

Di dampingi oleh Dr. Ir. Saidatul Idiyah, MP selaku kepala unit Pusat Pengembangan Bioteklogi UMM, study banding di awali dengan berkunjung ke Unit Produksi Jamur. Kunjungan ke Unit Produksi Jamur UMM ini merupakan kali pertama dilakukan oleh staf pengajar dari STTP Magelang tersebut. Mereka mengaku sangat senang bisa berkunjung ke UMM dan ke unit produksi jamur khususnya. Disana mereka mempelajari proses produksi jamur yang baik dan benar. Mulai dari proses  pencampuran media tanam, melihat tempat inkubasi, tempat pemeliharaan dan pembesaran jamur dan lain sebagainya.

Tidak hanya melihat proses produksi jamur, dikesempatan itu staf pengajar dari STTP Magelang juga menyempatkan diri melihat proses dan sistem pertanian yang dilakukan oleh UMM yang lokasinya berada di Kebun Kreatifitas Mahasiswa.  Banyak hal menarik yang mereka dapatkan. Teknik-teknik bertani sayuran yang di lakukan di Kebun Kreatifitas Mahasiswa tidak lupa mereka catat untuk dijadikan “oleh-oleh” ketika mereka kembali ke instansi mereka. Tidak hanya berkunjung, mereka juga berkesempatan menyicipi bakso jamur yang merupaka makanan kreasi dari unit produksi jamur. Karena memang, unit produksi jamur berkeinginan agar jamur yang mereka produksi tidak hanya dijual dalam bentuk segar, akan tetapi juga dapat dibuat inovasi-inovasi “muthakhir” dengan menggunakan bahan dasar  jamur.

Puas melihat-lihat kegiatan di unit produksi jamur dan menyicipi bakso jamur, staf pengajar dari STTP Magelang juga  menyempatakan diri mengunjungi  area perternakan milik UMM.  Melihat peternakan sapi, Biogas yang memanfaatkan kotoran sapi, peternakan kambing dan lain sebagainya. Juga tak lupa mereka mengunjungi PLTMH milik UMM. Dan itu menjadi kunjungan terakhir dari kegiatan kunjungan hari ini.

Melalui kunjungan singkat itu. Ibu Suharti dan Bapak Sutris Merasa sangat puas dan takjub akan keberhasilan UMM dalam mengembangakan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang UMM miliki. “Saya salut dan bangga kepada UMM”, ujarnya. Menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat dan berdaya guna tinggi, dapat mengembangkan teknologi mandiri dibidang Pertanian dan Perternakan, di bidang Energi seperti PLTMH, dan masih banyak lagi, menjadi sesuatu yang sangat luar biasa.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image