Pusat Pengembangan Bioteknologi
Universitas Muhammadiyah Malang
Pusat Pengembangan Bioteknologi
Universitas Muhammadiyah Malang

Laboratorium Bioteknologi

Laboratorium Bioteknologi

 
 
Keberadaan Laboratorium Pendukung mutlak diperlukan Pusbang Biotek Sebagai suatu pusat kajian ilmu bioteknologi. Hingga saat ini pusbang Biotek telah memiliki Laboratorium Kultur Jaringan (tissue culture laboratory) merupakan tempat untuk melakukan penelitian dalam bidang ilmu bioteknologi. Di laboratorium ini terdapat tiga laboratorium, yaitu:

 
 
a. Laboratorium Kultur in Vitro yang merupakan tempat untuk produksi dan perawatan tanaman yang dilakukan secara in vitro. Jenis tanaman yang dikembangkan di laboratorium ini antara lain berbagai macam varietas anggrek, bunga violces (African violet), krisan, lidah buaya (Agave), bromelia, buah naga (Hylocereus polyrhizus), nanas dan kultur mikro alga Anabaena azollae. Selain proses perbanyakan tanaman, di laboratorium ini juga dilakukan proses aklimatisasi dan kultivasi di polybag yang dikerjakan di screen house.

 
 
b. Laboratorium Mikrobiologi merupakan laboratorium untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan ilmu mikrobiologi (jamur mikro dan bakteri).

 
 
c. Laboratorium Rekayasa Genetik merupakan laboratorium yang digunakan untuk melakukan penelitian di bidang biologi molekuler dan rekayasa genetika.
Selain kegiatan penelitian, di laboratorium bioteknologi juga difungsikan sebagai tempat praktikum mahasiswa dari jurusan agroteknologi/agronomi, budidaya hutan, budidaya perairan dan produksi ternak serta jurusan pendidikan biologi. Selain itu, laboratorium bioteknologi juga dijadikan sebagai tempat magang bari para siswa –siswi Sekolah Menengah Atas Negeri maupun Kejuruan se-Malang Raya.
 
Shared: