Pusat Pengembangan Bioteknologi
Universitas Muhammadiyah Malang
Pusat Pengembangan Bioteknologi
Universitas Muhammadiyah Malang

Pusat Pengembangan Bioteknologi (Pusbang-Biotek)

Pusat Pengembangan Bioteknologi

 


Dr. Syarif Husen, MP

Bioteknologi pada dasarnya merupakan prinsip-prinsip ilmiah dan teknologi dengan menggunakan agen biologik pada pengolahan lahan untuk menghasilkan barang dan jasa yang diharapkan dapat membantu dalam mengatasi  berbagai permasalahan seperti kekurangan  bahan pangan, penurunan kualitas pangan, pencemaran lingkungan, hama penyakit, lahan kritis, erosi genetik serta punahnya sumber daya hayati.
    
Dengan latar belakang yang luas menyangkut berbagai bidang ekonomi, sosial, politik, budaya, dan pendidikan serta semakin mendesaknya kebutuhan pengembangan Sumber Daya Manusia, maka Muhammadiyah melalui Majelis Dikti Muhammadiyah pada bulan Agustus 1991 membentuk 7 pusat kajian ilmu pengetahuan dan teknologi, salah satunya Pusat Pengembangan Bioteknologi (Pusbang Biotek). Keberadaan Pusbang Biotek diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi kualitas lulusan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) umumnya, dan lulusan Universitas Muhammadiyah Malang khususnya, sehingga tujuan sebagai wadah penelitian, pengembangan dan penerapan bioteknologi dan untuk peningkatan kualitas SDM dapat dicapai.

Pusbang Biotek yang dikepalai oleh Bapak Dr. Syarif Husen, MP., mempunyai beberapa program operasional yaitu: Penelitian, Pendidikan dan Pelatihan, Pengabdian Masyarakat, Bidang Produksi, Kerjasama Antar Lembaga dan Organisasi, Pengembangan Sarana Pendukung Laboratorium, Pengembangan Perpustakaan, Pengadaan  dan Pengembangan staf  peneliti, teknisi dan administrasi.

Shared: